Status Bar pada libreOffice (bagian 2)

Bismillahirrohmannirrohim,

Setelah menulis tentang Status Bar, sekarang saya akan menjabarkan detail dari status bar tersebut, oke dimulai dari…..

Page number

Menunjukkan jumlah halaman saat ini, nomor urut dari halaman saat ini (jika berbeda), dan jumlah halaman dalam dokumen. Misalnya, jika Anda merestart penomoran halaman pada 1 pada halaman ketiga, nomor halaman adalah 1 dan nomor urut adalah 3. Untuk melompat ke halaman tertentu dalam dokumen, double-click pada bidang ini. Navigator membuka. Klik di Halaman bidang Nomor dalam Navigator, ketik nomor urut dari halaman yang diperlukan, dan tekan Enter.

Word and character count

Jumlah kata dan karakter dari dokumen ditunjukkan pada status bar, dan terus up to date selama yang kamu mengetik. Teks yang dipilih dalam dokumen akan dihitung dan jumlah ini akan menggantikan count ditampilkan.

Page Style

Menunjukkan style dari halaman saat ini. Untuk mengubah page style, klik kanan pada bidang ini. Daftar page style muncul; klik pada salah satu untuk memilih style yang berbeda. Untuk mengedit page style saat ini, klik-ganda pada bidang ini. Jendela Page Style terbuka.

Language

Menunjukkan bahasa pada posisi kursor, atau untuk teks yang dipilih, yang digunakan untuk memeriksa ejaan, tanda hubung, dan kamus. Klik untuk membuka menu di mana Anda dapat memilih bahasa lain untuk teks yang dipilih atau untuk paragraf di mana kursor berada. Anda juga dapat memilih None (Jangan periksa ejaan) untuk mengecualikan teks dari cek ejaan atau memilih lebih untuk membuka dialog Karakter. Pengaturan bahasa langsung diformat dapat direset ke bahasa default dari menu ini.

Insert Mode

Bagian ini kosong ketika dalam mode Insert. Double klik untuk mengubah ke mode Overwrite; Klik _ untuk kembali ke mode Insert. Dalam mode Insert, teks setelah posisi kursor bergerak maju untuk memberikan ruang bagi teks yang Anda ketik; dalam modus Overwrite, teks setelah posisi kursor digantikan oleh teks yang Anda ketik. Fitur ini dinonaktifkan di Edit> Changes > Record Mode.

Selection Mode

Klik untuk memilih mode seleksi yang berbeda. Ikon tidak berubah, tetapi ketika Anda membawa pointer mouse bidang ini, tooltip menunjukkan mode yang sedang aktif. Ketika Anda mengklik dalam bidang, menu konteks menampilkan pilihan yang tersedia. Ada 4 mode seleksi yaitu,

Mode

Standard selection

Extending selection (F8)

Adding selection (Shift+F8)

Block selection (Ctrl+Shift+F8)

Pada sistem Windows, Anda dapat tahan tombol Alt sambil menyeret untuk memilih blok teks. Anda tidak perlu memasukkan mode seleksi blok.

Oke, sekian dulu Penjabaran tentang Status Bar,, In Syaa Allah akan dilanjutkan dikesempatan yang akan datang..

Advertisements

About I Gunawan


3 responses to “Status Bar pada libreOffice (bagian 2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: